MAKALAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Makalah
ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kajian Kurikulum PKn
Dosen
Pengampu: Risminawati, Dra., M.Pd
Disusun
oleh:
Kelompok 8
1.
Ahmad Fauzi A510110181
2.
Wahyu Adi C. A510110183
3.
Ariska Nugraheni A510120207
4.
Wiwik Ekowati A510120215
5.
Nur Indah Lailya A510120228
PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURURAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK
Satuan Pendidikan : SDN 02 Pendem Mojogedang
Kelas/Semester : 5/I
Tema/Sub Tema : 1. Benda-benda di Lingkungan Sekitar/1.
Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran : 3
Alokasi
Waktu :
1 hari (5x35 menit)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
PPKn
Kompetensi
Dasar
3.6 Memahami perlunya
saling memenuhi keperluan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika
saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk
menumbuhkan keutuhan nasional.
Indikator
3.6.1 Mengidentifikasi
keperluan hidup anggota keluarga di rumah.
4.6.1 Mendaftar asal
daerah dari barang-barang yang digunakannya sehari-hari di
rumah.
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar
3.1 Menggali informasi
dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah,
dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan
rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.1.1 Menjelaskan isi
informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan
manusia.
4.1.1 Mengidentifikasi
dari bacaan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan
melalui pengamatan, misalnya
penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.
Matematika
Kompetensi
Dasar
3.2 Memahami berbagai
bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal, dan
persen) dan dapat mengubah bilangan
pecahan menjadi bilangan desimal, serta
melakukan perkalian dan pembagian.
4.8 Mengurai sebuah
pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian dua buah pecahan yang
dinyatakan dalam desimal dan persen dengan
berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.2.1 Mengenal arti
perkalian pecahan.
4.8.1 Melakukan operasi
perkalian berbagai bentuk pecahan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
eksplorasi, siswa mengidentifikasi kebutuhan anggota keluarga dan membuat
daftar asal barang dengan cermat dan teliti.
2. Dengan diskusi, siswa membuat
daftar barang kebutuhan yang berasal dari daerah lain secara demokratis dan
komunikatif.
3. Dengan studi pustaka, siswa
menemukan informasi berkaitan dengan dan perubahan-perubahan alam yang
disebabkan perilaku manusia.
4. Dengan membaca, siswa menemukan
contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia.
5. Dengan berlatih, siswa melakukan
perkalian dalam bentuk pecahan.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Mengidentifikasi
kebutuhan anggota keluarga dan membuat daftar asal barang.
2. Diskusi
membuat daftar barang kebutuhan yang berasal dari daerah lain.
3. Studi
pustaka menemukan informasi berkaitan dengan perubahan-perubahan alam yang
disebabkan perilaku manusia.
4. Membaca
dan menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia.
5. Berlatih
melakukan perkalian dalam bentuk pecahan.
E.
Metode,
Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, diskusi, tanya
jawab, percobaan.
2. Strategi : Snaw ball throwing
3. Pendekatan : Scientific (mengamati, menanya,
menalar, mencoba, dan
membuat jejaring).
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Buku, gambar, teks,
kertas berpetak, dan kertas hvs.
2. Alat : Papan tulis,
penghapus, bolpoin, spidol, isolatip.
3. Sumber
belajar : Buku siswa
Maryanto, dkk. 2013. Buku Siswa Tema 1: Benda-benda di Lingkungan
Sekitar. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Buku guru
Maryanto, dkk. 2013. Buku Guru Tema 1: Benda-benda di Lingkungan
Sekitar. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru memasuki ruang kelas dan
memberikan salam kepada siswa.
2.
Guru mengajak semua siswa untuk
berdoa.
3.
Guru mempresensi siswa.
4.
Guru menanyakan kabar siswa.
5.
Guru memberikan motivasi kepada
siswa.
6.
Guru melakukan apersepsi kepada siswa.
7.
Guru melakukan tanya jawab kepada
siswa.
8.
Guru menginformasikan materi
pembelajaran pada hari ini kepada siswa.
9.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran pada hari ini kepada siswa.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru memberikan cerita narasi
tentang kebutuhan tubuh dalam kehidupan sehari-hari. (mengamati)
2.
Siswa bertanya jawab tentang apa
saja yang di perlukan dalam kebutuhan tubuh sehari-hari. (menanya)
3.
Guru memberikan penjelasan tentang
kebutuhan tubuh sehari-hari yang sudah di sebutkan oleh siswa. (mengamati)
4.
Guru menyuruh siswa berdiskusi
untuk membuat tabel barang-barang
kebutuhan sehari-hari dari daerah lain. (mencoba)
5.
Siswa mempresentesikan hasil dari
diskusi kelompok ke depan kelas. (membuat jejaring)
6.
Guru memberikan penjelasan lebih
lanjut tentang hasil presentasi dari siswa. (mengamati)
7.
Salah satu siswa disuruh untuk membaca bacaan tentang kesuburan lahan
terkuras, kembalikan dengan pupuk organik. (mencoba)
8.
Siswa diminta untuk menemukan
informasi mengenai aktivitas manusia yang mempengaruhi perubahan alam dan
perubahan wujud benda. (menalar)
9.
Guru memberikan penjelasan lebih
lanjut mengenai perubahan alam dan perubahan wujud benda yang terjadi.
(mengamati)
10.
Guru melanjutkan cerita narasi
tentang kebutuhan tubuh sehari-hari, yaitu tentang membawakan kue kepada para
korban banjir. (mengamati)
11.
Guru menjelaskan tentang perkalian
pecahan dengan menggunakan buku berpetak. (mengamati)
12.
Guru memberikan contoh perkalian
pecahan kepada siswa. (mengamati)
13.
Guru meminta siswa untuk
mengerjakan perkalian pecahan menggunakan kue. (membuat jejaring)
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru
bersama siswa merefleksi/membuat
kesimpulan/rangkuman tentang hasil belajar hari ini.
2. Guru
melakukan tanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
3. Guru
membagikan soal evaluasi kepada siswa.
4. Guru
memberikan tugas rumah kepada siswa untuk
menambah kemampuan siswa tentang materi yang telah
dipelajari.
5. Guru
melakukan penilaian hasil belajar.
6. Guru
mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran).
7.
Guru menginformasikan kegiatan belajar yang akan
datang.
|
15
menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
sikap : Keaktifan,
percaya diri, kerjasama
b. Unjuk
kerja : Menghitung
perkalian pecahan dengan
menggunakan kue.
c. Penilaian
pengetahuan : Latihan soal
tertulis dan mengerjakan lembar
kerja siswa di buku siswa.
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
Surakarta, 22 Mei 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Kelas V,
( Ahmad Fauzi, S.Pd ) ( Wiwik Ekowati, S.Pd )
NIP.11223344556677
NIP.19941517982234
I.
Lampiran
a. Lembar Penilaian Sikap
Lembar pengamatan terhadap siswa
di kelas
Minggu ke Bulan Mei 2014 Sub Tema: Wujud
Benda dan Cirinya
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
Keterangan
|
||
Keaktifan
|
Percaya diri
|
Kerjasama
|
|||
1.
|
Yusron
|
||||
2.
|
Ade
|
||||
3.
|
Silvi
|
||||
4.
|
Fio
|
||||
5.
|
Junia
|
||||
6.
|
Surya
|
||||
7.
|
Gigi
|
Keterangan:
Keaktifan
Sekor 3 = apabila peserta didik mampu menjawab pertanyaan, banyak
bertanya, dan
mampu
mengungkapkan pendapatnya.
Sekor 2 = apabila peserta didik banyak bertanya, dan kadang-kadang
menjawab
pertanyaan
guru, dan tidak berani mengungkapkan pendapatnya.
Sekor 1 = apabila peserta didik tidak menjawab pertanyaan, tidak
bertanya, dan tidak
berani mengungkapkan pendapat.
Percaya diri
sekor 3 = apabila seorang peserta didik berani maju kedepan kelas
dan benar dalam
menjawab
tanpa bantuan guru.
Sekor 2 = apabila seorang peserta didik berani maju kedepan kelas
dan bisa menjawab
pertanyaan
tetapi dengan bantuan guru.
Sekor 1 = apabila seorang peserta didik tidak berani maju kedepan
kelas dan tidak
bisa
menjawab pertanyaan dari guru.
Kerjasama
Sekor 3 = apabila peserta didik mampu mengungkapkan pendapatnya
dan mampu
memberikan
jawaban dalam berdiskusi dengan temannya.
Sekor 2 = apabila peserta didik mampu mengungkapkan pendapatnya
tetapi tidak
mampu
memberikan jawaban dalam berdiskusi.
Sekor 1 = apabila peserta didik tidak mampu mengungkapkan
pendapatnya dan tidak
mampu
memberikan jawaban dalam berdiskusi.
Skor Maksimal= 9
Nilai yg diperoleh
NILAI= x100 = HASIL
Nilai maksimal
b.
Lembar Penilaian Ketrampilan
No
|
Nama
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
1.
|
Yusron
|
|||
2.
|
Ade
|
|||
3.
|
Silvi
|
|||
4.
|
Fio
|
|||
5.
|
Junia
|
|||
6.
|
Surya
|
|||
7.
|
Gigi
|
Keterangan:
Baik : apabila peserta didik mampu menempelkan gambar pulau
kalimantan dan
mampu menganalisis
dengan baik tanpa bantuan dari guru.
Cukup : apabila peserta didik mampu menempelkan gambar dengan baik
tetapi
analisisnya
masih perlu bantuan dari guru.
Kurang : apabila peserta didik tidak mampu menempelkan gambar
dengan benar dan
analisisnya
masih perlu bantuan dari guru.
c.
Lembar Penilaian Pengetahuan
Terlampir berupa soal-soal pertanyaan
SOAL!
1.
Sebutkan 3 jenis kebutuhan dalam
kehidupan sehari-hari?
2.
Bagaimana sikapmu jika ada kebutuhanmu
yang belum atau tidak bisa
dipenuhi
oleh orang tuamu?
3.
Apa penyebab terjadinya banjir?
4.
Bagaimanakah cara mencegah
terjadinya banjir?
5.
Sebutkan 3 wujud benda?
JAWABAN!
1.
a. Primer: kebutuhan yang pokok, misalnya
makanan, pakaian, dan tempat
tinggal.
b. Sekunder:
kebutuhan tambahan, misalnya hiburan, dan rekreasi.
c. Tersier:
kebutuhan untuk memenuhi kepuasan yang berupa kemewahan, seperti mobil.
2.
Menangis dan marah kepada orang tua.
3.
Penyebab banjir adalah hujan deras yang
berlangsung selama berhari-hari.
4.
Cara mencegah banjir adalah membuang
sampah pada tempatnya, penanaman kembali hutan gundul (reboisasi) dan membuat
parit atau selokan.
5.
Benda padat, benda cair, dan benda gas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar