TECHNOLOGY EDUCATION AND EDUCATIONAL TECHNOLOGY
Technology Education(Technological Studies)
- Teaches about technology as a content area.
- Concerned with the broad spectrum of technology (How humans have designed & innovated the natural world).
- Primary goal: Technological literacy for everyone.
(Information Technology)
- Teaches with technology (uses technology as a tool).
- Primarily concerned with the narrow spectrum of information and communication technologies.
- Primary goal: To enhance the teaching and learning process.
Kompetensi Guru
UU No 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.
•Seorang guru harus memiliki kemampuan:
–Memanfaatkan TIK untuk kepentingan pembelajaran yang diampu.
–Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik.
•Seorang guru harus memiliki kemampuan:
–Memanfaatkan TIK untuk kepentingan pembelajaran yang diampu.
–Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik.
•Permendiknas No. 16 Tahun 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
•Guru harus memiliki kemampuan menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
•Guru harus memiliki kemampuan menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
Prinsip-prinsip Teknologi Pendidikan
1.Berorientasi pada peserta didik (students centered) dlm proses belajar, peserta didik seharusnya bertindak sbg pihak yg aktif dan dibuat aktif.
2.Menggunakan Pendekatan Sistem masalah = sistem, penanganan = integratif
3.Pemanfaatan sumber belajar secara luas dan maksimal pemecahan masalah: learning resources by design or by utilization.
2.Menggunakan Pendekatan Sistem masalah = sistem, penanganan = integratif
3.Pemanfaatan sumber belajar secara luas dan maksimal pemecahan masalah: learning resources by design or by utilization.
Dale’s cone of experience
MENGAPA TEKNOLOGI PENDIDIKAN?
- Penetapan Isi: Individual Team, Lebih Komprehensif.
- Rancangan Pembelajaran Lebih menyeluruh, sistematik dan instruksional.
- Produksi Bahan Pembelajaran
- Evaluasi Pembelajaran
- Interaksi dengan Peserta Didik
Konsep Dasar Media Pembelajaran
Agar proses belajar dapat efektif, maka kegiatan belajar perlu disesuaikan dengan gaya belajar siswa yang dipengaruhi oleh kecerdasan dominan yang dimiliki oleh siswa tersebut.
Berilah lingkaran pada pernyataan yang Anda setujui :
1.Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada di kaset daripada membaca buku
2.Jika saya mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca instruksinya terlebih dahulu.
3.Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan kuliah
4.Saat saya seorang diri, saya biasanya memainkan musik atau lagu atau bernyanyi
5.Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku
6.Saya selalu dapat menunjukkan arah utara atau selatan dimanapun saya berada
7.Saya suka menulis surat atau jurnal
8.Saat saya berbicara, saya suka mengatakan, "Saya mendengar Anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus."
9.Ruangan, meja, mobil, atau rumah saya biasanya berantakan/tidak teratur
10.Saya suka merancang, mengerjakan, dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya
11.Saya tahu hampir semua kata-kata dari lagu yang saya dengar
12.Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang mereka katakan dalam pikiran saya
13.Saya suka olahraga dan saya rasa saya adalah olahragawan yan gbaik
14.Mudah sekali sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat berbicara di telepon
15.Tanpa musik, hidup amat membosankan
16.Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja
17.Saat melihat objek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali objek yang sama walaupun posisi objek itu diputar atau dirubah
18.Saya biasanya mengatakan, 'Saya rasa, saya perlu menemukan pijakan atas hal ini, atau saya ingin bisa menangani hal ini."
2.Jika saya mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca instruksinya terlebih dahulu.
3.Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan kuliah
4.Saat saya seorang diri, saya biasanya memainkan musik atau lagu atau bernyanyi
5.Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku
6.Saya selalu dapat menunjukkan arah utara atau selatan dimanapun saya berada
7.Saya suka menulis surat atau jurnal
8.Saat saya berbicara, saya suka mengatakan, "Saya mendengar Anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus."
9.Ruangan, meja, mobil, atau rumah saya biasanya berantakan/tidak teratur
10.Saya suka merancang, mengerjakan, dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya
11.Saya tahu hampir semua kata-kata dari lagu yang saya dengar
12.Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang mereka katakan dalam pikiran saya
13.Saya suka olahraga dan saya rasa saya adalah olahragawan yan gbaik
14.Mudah sekali sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat berbicara di telepon
15.Tanpa musik, hidup amat membosankan
16.Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja
17.Saat melihat objek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali objek yang sama walaupun posisi objek itu diputar atau dirubah
18.Saya biasanya mengatakan, 'Saya rasa, saya perlu menemukan pijakan atas hal ini, atau saya ingin bisa menangani hal ini."
19.Saya mengingat sesuatu pengalaman, saya sering kali melihat pengalaman itu dalam bentuk gambar di dalam pikiran saya
20.Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali mendengar suara dan berbicara pada diri saya mengenai pengalaman itu
21.Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kai ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman itu
22.Saya lebih suka musik dari pada seni lukis
23.Saya sering mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon atau dalam suatu pertemuan.
24.Saya lebih suka melakukan contoh peragaan dariapada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian
25.Saya lebih suka membacakan cerita daripada mendengarkan cerita
26.Saya biasanya berbicara dengan perlahan
27.Saya lebih suka berbicara daripada menulis
28.Tulisan tangan saya biasanya tidak rapi
29.Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca
30.Saya dapat dengan cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya
31.Saya suka mengeja dan saya pikir saya pintar mengeja kata-kata
32.Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saya saat saya sedang menonton televisi
33.Saya suka mencatat perintah atau instruksi yang disampaikan kepada saya
34.Saya dapat mengingat dengan mudah apa yang dikatakan orang
35.Saya paling mudah belajar sambil mempraktekkan/melakukan
36.Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama
20.Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali mendengar suara dan berbicara pada diri saya mengenai pengalaman itu
21.Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kai ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman itu
22.Saya lebih suka musik dari pada seni lukis
23.Saya sering mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon atau dalam suatu pertemuan.
24.Saya lebih suka melakukan contoh peragaan dariapada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian
25.Saya lebih suka membacakan cerita daripada mendengarkan cerita
26.Saya biasanya berbicara dengan perlahan
27.Saya lebih suka berbicara daripada menulis
28.Tulisan tangan saya biasanya tidak rapi
29.Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca
30.Saya dapat dengan cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya
31.Saya suka mengeja dan saya pikir saya pintar mengeja kata-kata
32.Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saya saat saya sedang menonton televisi
33.Saya suka mencatat perintah atau instruksi yang disampaikan kepada saya
34.Saya dapat mengingat dengan mudah apa yang dikatakan orang
35.Saya paling mudah belajar sambil mempraktekkan/melakukan
36.Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama
•Gaya Belajar Visual
– 2 3 6 7 12 17
–19 23 25 30 31 33
– 2 3 6 7 12 17
–19 23 25 30 31 33
•Gaya Belajar Auditori
–1 4 8 11 14 15
–16 20 22 27 32 34
–1 4 8 11 14 15
–16 20 22 27 32 34
•Gaya Belajar Kinestetis
– 5 9 10 13 18 21
–24 26 28 29 35 36
– 5 9 10 13 18 21
–24 26 28 29 35 36
Gaya Belajar VISUAL (Visual Learners)
Kecenderungan seseorang lewat ketajaman penglihatan. Bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham. Gaya belajar seperti ini mengandalkan penglihatan untuk kemudian bisa mempercayainya. Karakteristik :Pertama, kebutuhan melihat sesuatu (informasi/pelajaran) secara visual untuk mengetahuinya atau memahaminya, kedua memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna, ketiga memiliki pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik, keempat memiliki kesulitan dalam berdialog secara langsung, kelima terlalu reaktif terhadap suara, keenam sulit mengikuti anjuran secara lisan, ketujuh seringkali salah menginterprestasikan kata atau ucapan.
Gaya Belajar AUDITORI (Auditory Learners )
Kecenderungan pada pendengaran untuk bisa mudah memahami dan mengingat informasi.
Karakteristik gaya belajar seperti ini benar-benar menempatkan pendengaran sebagai alat utama menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, kita harus mendengar, baru kemudian kita bisa mengingat dan memahami informasi itu.
Karakter pertama orang yang memiliki gaya belajar ini adalah semua informasi hanya bisa diserap melalui pendengaran, kedua memiliki kesulitan untuk menyerap informasi dalam bentuk tulisan secara langsung, ketiga memiliki kesulitan menulis ataupun membaca.
Karakteristik gaya belajar seperti ini benar-benar menempatkan pendengaran sebagai alat utama menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, kita harus mendengar, baru kemudian kita bisa mengingat dan memahami informasi itu.
Karakter pertama orang yang memiliki gaya belajar ini adalah semua informasi hanya bisa diserap melalui pendengaran, kedua memiliki kesulitan untuk menyerap informasi dalam bentuk tulisan secara langsung, ketiga memiliki kesulitan menulis ataupun membaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar